Senin, 25 Februari 2013

Perpustakaan yang Baik

Mengintip dari blog tetangga, sebuah perpustakaan yang baik setidaknya memiliki elemen-elemen tersebut di bawah ini (silakan ditambahkan di kolom komentar, jika ada):

1. Memiliki pintu masuk dengan dekorasi yang menarik pengunjung dan memberikan pelayanan yang sopan, ramah dimulai dari saat Anda memasuki ruangan perpustakaan.





2. Menyediakan petunjuk, denah, tanda panah dan/atau arahan lainnya ke tempat atau layanan yang Anda berikan.


















3. Memiliki lingkungan yang bersih, segar (tanpa bau mengganggu), aman dengan pengaturan tempat baca yang nyaman.



4. Menyediakan berbagai bahan baca (populer, penelitian, referensi), menawarkan buku-buku terkini dan rekomendasi yang dipampang dengan menarik dan mudah dijangkau serta berbagai bahan pustaka lainnya yang tepat guna.

5. Memiliki akses (baik dari ruang perpustakaan maupun dari komputer pribadi di rumah) ke sistem peminjaman perpustakaan yang mudah digunakan.

6. Menawarkan sumber-sumber untuk penelitian dan bantuan - seperti staf perpustakaan yang cukup terlatih dan buku-buku petunjuk, database yang mudah digunakan, perlengkapan menggandakan dokumen  dan peralatan lainnya.


7. Menyediakan lingkungan yang tenang untuk membaca dan juga satu ruang untuk berdiskusi ketika melakukan konsultasi kerja bersama.
8. Menyediakan sarana untuk mengemukakan saran perbaikan atau mengeluhkan layanan yang kurang baik.

9. Memiliki jam buka yang memadai dan diketahui banyak orang.
10. Merupakan bagian integral dari komunitas perpustakaan itu berdiri, misalnya : menyediakan ruang belajar, ruang rapat, aktivitas-aktivitas untuk mendukung pembelajaran seumur hidup.


Sumber : http://www.goodlibraryguide.com/Manifesto.asp

2 komentar:

  1. tambahan yang paling penting:
    memiliki PUSTAKAWAN yang asyik, smart, dan baik.

    BalasHapus
  2. dari tulisan ini saya merasa bangga karena perpustakaan kita -sepertinya- sudah memenihi syarat sebagai perpustakaan yang baik. hehehe...

    BalasHapus