Kamis, 20 Februari 2014

Semua Membaca Buku: Indahnya Kebersamaan

Pekan buku atau sering disebut bookweek menjadi program menarik tahunan yang dinanti-nanti di tempat kerja saya. Selamat seminggu, kami akan mengadakan kegiatan membaca bersama, tiga kali sehari, selama lima belas menit sepajan jam kerja (seperti minum obat, ya?) dan kemudian menuliskan jumlah halaman yang kami baca pada reading logsheet yang telah disediakan oleh panitia. Jumlah halaman itu akan dikumpulkan per kelas dan dipajang sesuai dengan tema yang dipilihkan tahun itu. 

Hanya saja, kegembiraan ini belum dirasakan oleh bagian umum, termasuk di dalamnya para pekerja kebersihan, satpam, serta office boy. Bukan mereka tidak mau berpartisipasi dalam acara ini, tetapi kesibukan kerja, mobilitas yang tinggi dan tuntutan harus stand by kapanpun diperlukan. Tidak bisa dipungkiri, membaca itu membutuhkan waktu tenang sejenak sehingga dapat menikmati bahan bacaannya. 

Tahun ini ada yang berbeda. Para pekerja di bagian umum 'dipaksa' turut serta. Mereka 'harus' membaca buku-buku yang sudah dipilihkan (kebanyakan buku motivasi) serta menuliskan jumlah halaman yang sudah dibaca. Kebetulan, kami para pustakawan, dimasukkan ke dalam kelompok bagian umum pada pekan buku tahun ini. Dibantu oleh kepala bagian umum, saya memperoleh keseluruhan jumlah halaman yang terbaca selama seminggu oleh kelompok kami. 

Dari reading logsheet yang saya terima, ternyata jumlah halaman yang terbaca cukup menggembirakan. Memang tidak semua yang mengembalikan reading logsheet-nya, mungkin terselip entah dimana, sehingga ada beberapa yang menuliskannya pada selembar kertas, membatasi halamannya dengan selembar tisu toilet (mungkin sebaiknya lain waktu buku harus disertakan dengan penanda buku, bookmark) atau pesan melalui telepon. Ada satu reading logsheet yang membuat saya 'terharu' dari pekerja kebersihan bernama Santi. Saya lihat dia hanya punya kesempatan membaca sekali dalam satu hari, tetapi dia tetap menuliskan dan mengumpulkan reading logsheet serta menyimpan sampai pekan buku selesai. Oh, so sweet!

Memang kelompok kami paling akhir menampilkan total jumlah halaman yang telah kami baca, bahkan saat acara itu telah berakhir. Saya tetap memajang reading track yang dibuat seperti laut dengan binatang-binatang di dalamnya. Saya ingin sekali melihat reading track kami dipenuhi binatang-binatang laut. 

Dan hari itu pun tiba. Jumlah halaman yang terkumpul sudah 984 (sembilan ratus delapan puluh empat). Ini berarti kami mendapatkan 5 binatang laut (1 binatang laut mewakili 200 halaman).
 
Reading track






Semoga indahnya kebersamaan ini terulang kembali pada pekan buku di tahun-tahun mendatang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar