Kamis, 09 Oktober 2014

Fakta Menarik Tentang Perpustakaan

Beginilah fakta menarik tentang perpustakaan yang saya temukan saat membolak-balik halaman diktat kursus perpustakaan dari Bina Pustaka. Semoga bermanfaat dan memberikan semangat bagi rekan pustakawan dalam melakukan tugas di tempat masing-masing. 

1. Perpustakaan berasal dari dua kata yang disatukan :
  • bahasa Indonesia : pustaka (buku), perpustakaan (kumpulan buku)
  • bahasa Romawi (librarium) : liber (buku) dan armarium (lemari)
  • bahasa Yunani (bibliotheke) : biblion (buku) dan theke (lemari)

2. Perpustakaan pertama dimulai sejak abad ke-13 di Sumeria, kota Niniveh. Kota ini terkenal di dalam kisah Nabi Yunus yang diutus Tuhan agar memberitahukan penduduk kota ini untuk bertobat. Rajanya, Asurbanipal menghimpun koleksi perpustakaan ini dari milik keluarga raja yang terbuat dari tanah liat dan dijadikan tablet tanah liat. Mungkin fisiknya mirip gadget tablet jaman sekarang. Informasi di dalamnya ditulis dengan huruf paku.

3. Dalam perkembangannya, perpustakaan juga menyimpan koleksi yang terdiri dari papirus dan perkamen. Perkamen terbuat dari kulit binatang terutama kambing dan sapi. 

4. Berdasarkan Keppres No. 11 tahun 1989, Perpustakaan Nasional Depdikbud kedudukannya ditingkatkan, tidak lagi di bawah Depdikbud tetapi langsung di bawah Presiden RI melalui Sekretariat Negara. 

5. Pustakawan jaman dulu merupakan orang-orang yang berpengetahuan tinggi, harus menguasai lebih dari 2 bahasa dunia. Mereka merupakan filsuf-filsuf terkenal yang didatangkan dari Yunani. 

sumber : Kursus Tertulis Perpustakaan Bina Pustaka Jakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar