Kamis, 14 November 2013

Author of The Month: Judy Blume


November ini Library kami memilih Judy Blume sebagai Author of The Month. Judy Blume adalah seorang penulis Amerika Serikat yang produktif menerbitkan cerita untuk anak dan remaja. Kelebihan Judy Blume adalah kepiawaiannya merangkai cerita menjadi sangat hidup dan natural. Dalam buku anak yang ditulisnya, Judy seolah bicara seperti anak-anak. Dalam buku remaja juga demikian, dia bertutur dengan cara remaja. Ketika anak-anak atau remaja membaca buku-buku Judy, mereka tidak merasa seperti digurui tapi tetap bisa mendapat sebuah pesan. Bahkan ketika kita yang dewasa membacanya, kita seolah dibawa kembali ke masa anak-anak dan remaja kita.

Ide cerita yang dipilih Judy dalam cerita-ceritanya sebenarnya tidak luar biasa. Saya lebih mengakui keunggulan Cate DiCamillo atau Roald Dahl untuk hal ini. Tapi Judy Blume punya kekuatan bercerita yang luar biasa. Dari peristiwa biasa sehari-hari yang dialami seorang anak ditengah keluarga, Judy mampu membuatnya menjadi sangat menarik. Saya rasa itu karena Judy memandang hidup dengan cara yang indah dan unik.

Judul pertama dari buku Judy yang saya baca adalah "Tales of Fourth Grade Nothing". Buku ini bercerita tentang kehidupan yang dijalani Peter Hatchet yang memiliki seorang adik yang luar biasa unik, Fudge. Membaca ceritanya saya seolah bisa merasakan apa yang dialami Peter. Selain itu Judy juga berhasil menangkap momen-momen dalam sebuah keluarga yang dikemas dalam cerita yang sedemikan menarik sehingga pembaca seperti masuk benar dalam keluarga yang diceritakan. Judy juga piawai menonjolkan karakter baik melalui dialog maupun kejadian-kejadian dalam cerita.

Buku terakhir Judy yang saya baca-sampai saat ini ya-berjudul "Starring Sally J.Freedman as Herself". Buku ini seperti memoir Judy. Di buku ini Judy menceritakan tentang Sally yang merupakan proyeksi dari masa kecilnya. Beberapa peristiwa dalam cerita juga adalah kejadian yang dialami Judy dalam hidupnya. Dari cerita di buku ini saya jadi tahu bagaimana Judy bisa menjadi penulis yang ulung. Seperti Sally, sejak kecil memang Judy senang membuat cerita dalam kepalanya. Peristiwa yang terjadi dalam kesehariannya bisa menjadi sebuah cerita baru dikepalanya. Tentu dengan tokoh dan setting serta tema tambahan.

Dan...untuk melengkapi kegiatan Author of The Month bulan ini, Library juga mengadakan Quiz Author of the Month. Terlihat keseruan anak-anak mengikuti kuisnya. Semoga anak-anak terinspirasi dan akan menjadi penulis suatu hari nanti. Dan ketika itu terjadi, semoga saya masih menjadi librarian dan masih bisa membuat Quiz tentang mereka.


(witty2013)

1 komentar:

  1. Judy Blume memang penulis anak yang konsisten dan...aktif memproduksi buku-buku anak, biarpun tampakan luar sudah uzur tapi cerita itu ga pernah tua. Prihatin ama buku-buku pelajaran di Indonesia yang ceritanya ambil tentang pria yang berpoligami, haduh, terlalu dewasa. Prihatin, prihatin

    BalasHapus