Selasa, 21 Februari 2012

What's On In Our Library?

Sudah jadi kebiasaan perpustakaan kami untuk mengisi kolom-kolom di softboard depan dengan hal-hal seputar informasi terbaru dan menarik mengenai perpustakaan. Kami beri judul "What's On In Our Library?". Bagi saya selaku petugas sirkulasi yang juga menangani dekorasi perpustakaan, kolom ini gampang-gampang susah. Pasalnya, sudah tentu mudah sekali mengetahui perubahan dan perkembangan yang ada di dalam perpustakaan tempat saya bekerja. Sulitnya, saya harus memilah-milah apakah informasi tersebut perlu diketahui user dan tentunya dampak yang dihasilkan dari informasi tersebut.

Pikir punya pikir, akhirnya saya memutuskan untuk mempublikasikan 3 hal:
1. User of the Month
2. The Most Visiting Class of the Month
3. The Most Borrowed Book of the Month
Ketiganya semacam pemilihan yang ter-, semacam kompetisi kecil-kecilan antarsiswa, antarkelas dan antarbuku.

Hasilnya? Saya melihat bagaimana user dari kalangan siswa tertarik untuk meminjam lebih banyak buku, mengembalikannya tepat pada waktunya dan bersikap lebih baik ketika mereka datang berkunjung ke perpustakaan. Kami memberikan bentuk penghargaan kecil-kecilan untuk para pemenang, misalnya untuk yang nomor 1, kami berikan buku baru gratis dan nama serta foto yang terpampang di softboard kami (popularitas :D). Untuk yang nomor 2 dan nomor 3, kami hanya memampang daftar juara ke-1 hingga ke-3.
Rekan kami di perpustakaan Junior memberikan penghargaan berbentuk piala bergilir dan gambar bintang untuk kompetisi nomor 2.

Kompetisi memang memberikan dampak yang sangat baik bagi perkembangan, asalkan dilakukan dengan jujur dan positif. Dan kami merasakan manfaatnya dalam meningkatkan minat baca dan kedisiplinan para user.

1 komentar:

  1. betul.kompetisi membangkitkan semangat untuk melakukan yg lebih dan lebih lagi.semoga semua usaha pustakawan benar dirasa manfatnya bagi users.

    BalasHapus